Jumat, 30 Maret 2012

METODE PENELITIAN di DOSEN NGEBLOG LUBUKLINGGAU

METODE PENELITIAN



Rancangan one group pre-post test design

Rancangan one group pre-post test design adalah penelitian dengan satu kelompok subyek yang dilakukan perlakuan/ intervensi yang dilakukan pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan.


Ciri dari penelitian ini adalah menggunakan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan satu kelompok subyek. Kelompok subyek diobservasi sebelum dilakukan intervensi, kemudian diobservasi lagi sertelah intevensi. 
 

One shot case study

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan intervensi/tindakan pada satu kelompok kemudian diobservasi pada variabel independen setelah dilakukan intervensi. 

Desain eksperimen

Desain eksperimen adalah suatu rancangan penelitian yang dipergunakan untuk mencari hubungan sebab akibat dengan adanya keterlibatan penelitian dalam melakukan manipulasi terhadap variabel bebas.


Eksperimen merupakan rancngan penelitian yang melakukan pengujian hipotesis yng tertata dan cermat, dimana pada penelitian kohort atau kasusu kontrol hanya sampai pada tingkat dugaan kuat dengan landasan teori atau telaah luas logis yang dilakukan peneliti. Akan tetapi studi ini pada umumnya mahal dan pelaksanakannya rumit, sehingga penggunaanya terbatas.
 

 

Rancangan Case Control

Rancangan Case Control

Jenis penelitian ini merupakan kebalikan dari penelitian kohort, dimana peneliti melakukan pengukuran pada variabel dependen terlebih dahulu (efek), sedangkan variabel independen secara retrospektif untuk menentukan ada tidaknya faktor (variabel independen) yang berperan. 


Panel cohort

Cohort didefinisikan sebagai sekelompok orang dalam populasi dan geografis tertentu, yang dianggap mengalami peristiwa hidup yang sama dalam periode waktu tertentu.


Tujuan panel cohort adalah untuk meneliti perubahan dalam jangka panjang dan proses perkembangan individual.


Panel Representatif

Panel Representatif


Sampel ditetapkan secara random untuk individu yang sama, pada interval yang tetap (misal tiap 2-3 bulan atau tiap tahun). Pengamatan dilakukan pada kebiasaan waktu tertentu. Tujuan utama panel representatif adalah untuk mendeteksi dan memastikan perubahan yang dialami individual.


Rancangan prospektif

Rancangan prospektif


Rancangan prospektif sering disebut juga rancangan panel yaitu data temporal yang paling sering dijumpai dalam hasil penelitian kesehatan adalah data panelitian yang diambil dari sejumlah individu yang sama, yang diwawancarai secara berulangkali dari waktu ke waktu selama periode tertentu. Rancangan prospektif ini lebih unggul daripada tipe longitudinal lain, namun lebih sulit dilakukan.

Dalam penelitian ini peneliti mengamati individu-kelompok-atau organisasi yang sama persis, selama rentang periode waktu tertentu. Rancangan ini menuntut peneliti untuk mengikuti perjalanan orang yang sama (sama persis responden dan kriterianya) dalam beberapa waktu. Terkadang orang yang diamati telah meninggal atau tidak dapat dijumpai lagi karena sudah berpindah lokasi. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat, bahkan penelitian panel secara singkat sekalipun dapat memberikan gambaran jelas tentang dampak suatu peristiwa tertentu terhadap individu-kelompok-organisasi yang sama. Rancangan panel memiliki variasi diantaranya adalah Panel Representatif , Panel Cohort dan Panel Terhubung (Buck et.al. 1994: 21-22).
 Sumber : H. Muh. Basirun Al Ummah, M.Kes

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar