Kamis, 29 Maret 2012

PBB - Perserikatan Bangsa Bangsa & Organisasi Internasional dlm Koordinasi - dibawah PBB


PBB - Perserikatan Bangsa Bangsa & Organisasi Internasional dlm Koordinasi PBB



    PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) - UN (United Nations)

Perserikatan Bangsa-Bangsa

United Nations
الأمم المتحدة
联合国
Organisation des Nations unies
Организация Объединённых Наций
Organización de las Naciones Unidas
 

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas







Bendera
Peta yang menunjukkan anggota PBB
Peta ini tidak mewakili pandangan PBB atau anggota-anggotanya mengenai status hukum suatu negara,[1] dan tidak juga menggambarkan secara akurat pemerintahan wilayah yang memiliki perwakilan PBB.
Markas besar Wilayah internasional di New York City
Bahasa resmi Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol
Keanggotaan 193 negara anggota
Pemimpin
 -  Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon
 -  Deputi Sekretaris Jenderal Asha-Rose Migiro
 -  Presiden Majelis Umum Joseph Deiss
 -  Presiden Dewan Keamanan Emmanuel Issoze-Ngondet
Pendirian
 -  Penandatanganan Piagam PBB 26 Juni 1945 
 -  Penerapan Piagam 24 Oktober 1945 
Situs web resmi
UN.org


Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial.
Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC[2], namun Sidang Umum yang pertama - dihadiri wakil dari 51 negara - baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.
Sejak didirikan pada tahun 1945 hingga 2011, sudah ada 193 negara yang bergabung menjadi anggota PBB, termasuk semua negara yang menyatakan kemerdekaannya masing-masing dan diakui kedaulatannya secara internasional, kecuali Vatikan.[3] Selain negara anggota, beberapa organisasi internasional dan organisasi antar-negara mendapat tempat sebagai pengamat permanen yang mempunyai kantor di Markas Besar PBB, dan ada juga yang hanya berstatus sebagai pengamat [4].Palestina dan Vatikan adalah negara bukan anggota (non-member states) dan termasuk pengamat permanen (Tahta Suci mempunyai wakil permanen di PBB, sedangkan Palestina mempunyai kantor permanen di PBB)[5]
Sekretaris Jenderal PBB saat ini adalah Ban Ki-moon asal Korea Selatan yang menjabat sejak 1 Januari 2007 , menggantikan Sekretaris Jendral terdahulu, yaitu Kofi Annan dari Ghana. [6]
Organisasi ini memiliki enam organ utama [7]: Majelis Umum (majelis musyawarah utama)[8],Dewan Keamanan (untuk memutuskan resolusi tertentu untuk perdamaian dan keamanan),Dewan Ekonomi dan Sosial (untuk membantu dalam mempromosikan kerjasama ekonomi, sosial internasional dan pembangunan)[9], Sekretariat (untuk menyediakan studi, informasi dan fasilitas yang diperlukan oleh PBB)[10], Mahkamah Internasional (organ peradilan primer), Dewan Perwalian (yang saat ini tidak aktif).[11]
Instansi Sistem PBB lainnya yang menonjol termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Program Pangan Dunia (WFP) dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa(UNICEF). Tokoh masyrakat PBB yang paling terkenal mungkin adalah Sekretaris Jenderal PBB, saat ini Ban Ki-moon dari Korea Selatan, yang mengambil jabatan itu pada tahun 2007, menggantikan Kofi Annan. Organisasi ini didanai dari sumbangan yang ditaksir dan sukarela dari negara-negara anggotanya, dan memiliki enam bahasa resmi: Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol[12]

ORGANISASI KHUSUS DI PBB



  1. Organisasi Pangan dan Pertanian (bahasa Inggris: Food and Agriculture Organisation/FAO) berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bermarkas di Roma, Italia. FAO dibentuk tahun 1945 di Quebec City, Quebec, Kanada. Pada 1951, markasnya dipindahkan dari Washington, D.C., AS ke Roma, Italia. Terhitung 26 November 2005, FAO mempunyai 189 anggota (188 negara dan Komunitas Eropa).  
  2. Organisasi Buruh Internasional (bahasa Inggris: International Labour Organisation, disingkat ILO) adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah PBB. ILO didirikan pada 1919 sebagai bagian Persetujuan Versailles setelah Perang Dunia I
  3. Organisasi Kesehatan Dunia (bahasa Inggris: World Health Organization/WHO) adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948.

  4. Organisasi Buruh Internasional (bahasa Inggris: International Labour Organisation, disingkat ILO) adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah PBB. ILO didirikan pada 1919 sebagai bagian Persetujuan Versailles setelah Perang Dunia I
  5. UNESCO (merupakan singkatan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945.
  6. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) atau "Panel Antarpemerintah Tentang Perubahan Iklim" adalah suatu panel ilmiah yang terdiri dari para ilmuwan dari seluruh dunia. IPCC didirikan pada tahun 1988 oleh dua organisasi PBB, World Meteorological Organization (WMO) dan United Nations Environment Programme (UNEP) untuk mengevaluasi risiko perubahan iklim akibat aktivitas manusia, dengan meneliti semua aspek berdasarkan pada literatur teknis/ilmiah yang telah dikaji dan dipublikasikan[1]. Panel ini terbuka untuk semua anggota WMO dan UNEP.
  7. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) adalah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1969. UNCTAD adalah organ utama Majelis Umum PBB dalam menangani isu perdagangan, investasi dan pembangunan.
  8. United Nations International Drug Control Programme (UNDCP) dan United Nations Centre for International Crime Prevention (CICP) adalah bagian dari United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), yang sebelumnya disebut United Nations Office for Drug Control & Crime Prevention (ODCCP)
  9. United Nations Environment Programme (UNEP) berperan mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas alam sekitar Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan membantu negara-negara berkembang melaksanakan kebijakan mengenai alam dan menggalakkan sustainable development di dunia. Organisasi ini didirikan setelah United Nations Conference on the Human Environment pada Juni 1972 dan bermarkas di Nairobi, Kenya. UNEP juga memiliki enam kantor regional.
  10. United Nations Fund for International Partnerships (UNFIP) didirikan bulan Maret 1998 oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Kofi Annan.
  11. United Nations Population Fund (UNFPA) memulai operasinya tahun 1969 sebagai United Nations Fund for Population Activities (namanya berubah tahun 1987) dibawah administrasi United Nations Development Fund.[1] Tahun 1971 badan ini ditempatkan dibawah otoritas Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  12. United Nations Human Settlements Programme (UN–HABITAT) adalah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk tempat tinggal manusia. Didirikan tahun 1978 dan berkantor pusat di markas PBB di Nairobi, Kenya.
  13. United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) adalah sebuah badan pembangunan bantuan dan manusia, memberikan pendidikan, kesehatan, layanan sosial dan bantuan darurat kepada empat ratus ribu pengungsi Palestina yang tinggal di Yordania, Lebanon dan Syria, juga di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Merupakan satu-satunya badan yang ditujukan untuk membantu pengungsi dari satu daerah atau konflik tertentu. Terpisah dari UNHCR,[1] Badan Pengungsi PBB, yang merupakan satu-satunya badan PBB lain yang membantu pengungsi, ditujukan pada semua pengungsi di seluruh dunia.
  14. WFP (World Food Programme) atau Program Pangan Dunia didirikan oleh FAO pada 1960. Bermarkas besar di Kota New York, WFP memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang untuk program pangan di negara-negara berkembang. WFP merupakan agensi yang didanai secara sukarela, oleh karena itu agensi ini bergantung pada sumbangan dari pemerintah dan pribadi. Program-programnya menekanankan pengembangan pelayanan masyarakat untuk mempromosikan program pangan.
  15. Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) adalah sebuah organisasi antarpemerintah dengan keanggotaan 188 Negara dan Teritori Anggota. Berasal dari International Meteorological Organization (IMO), yang didirikan tahun 1873. Dibentuk tahun 1950, WMO menjadi badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk meteorologi (cuaca dan iklim), hidrologi dan geofisika. Memiliki kantor pusat di Geneva, Swiss. Presidennya Alexander Bedritsky dan Sekretaris Jenderalnya Michel Jarraud.
 

Susunan Keanggotaan dan Tugas Badan-Badan PBB (2)

19th Maret 2009

Susunan Keanggotaan dan Tugas Badan-Badan PBB (2)

posted in Susunan Keanggotaan dan Tugas Badan-Badan PBB | c.  Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council)
1) Keanggotaan
Pada mulanya keanggotaan Dewan Ekonomi dan Sosial sebanyak 18 anggota yang dipilih setiap tahun oleh Majelis Umum untuk masa jabatan tiga tahun. Sekarang anggotanya berjumlah 27. Setiap tahun 9 anggota Dewan Ekonomi dan Sosial diganti.
2) Tugas
Tugas dan wewenang Dewan Ekonomi dan Sosial sebagai berikut.
a) Membahas masalah-masalah ekonomi, sosial, budaya, kebudayaan, pendidikan, dan kesehatan internasional.
b) Memberi saran-saran kepada Majelis Umum atau badan-badan khusus untuk memperhatikan hak-hak asasi manusia.
c) Memberikan bantuan dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain-lain.
Dalam melaksanakan tugasnya, Dewan Ekonomi-Sosial ini dibantu oleh organisasi-organisasi khusus (Specialized Agencies) antara lain:
a. UNESCO (United Nations Educational Scientific And Cultural Organization)
unesco
UNESCO adalah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB. Tugasnya memajukan kerja sama antarbangsa melalui bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam rangka penegakan hukum, penegakan hak asasimanusia, danpenegakan keadilan.
UNESCO berdiri pada tanggal 4 November 1946 yang berkedudukan di Paris, Perancis.
b. UNICEF (United Nations International Childrens Emergency Fund)unicef1
UNICEF adalah Organisasi Dana Perkembangan anak-anak Internasional PBB. Tugasnya memberikan bantuan dalam rangka menyejahterakan ibu dan anak. UNICEF didirikan pada tanggal 11 1946 di New York, Amerika Serikat.
c. WHO (World Health Organization)
who
WHO adalah Organisasi Kesehatan Sedunia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 7 April 1948 yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Tugasnya meningkatkan kesehatan bagi semua orang.
d. FAO (Food and Agricultural Organization)
fao
FAO adalah Organisasi Bahan Makanan dan Pertanian. FAO berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945 yang berkedudukan di Roma, Italia. Tugasnya meningkatkan efisiensi dan distribusi makanan dan hasil-hasil pertanian ke berbagai pelosok dunia.
e. ILO (International Labour Organization)
ilo
ILO adalah Organisasi Perburuhan Internasional. Organisasi ini didirikan pada tanggal 11 April 1919 yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1946 organisasi ini diterima sebagai organisasi khusus dalam PBB. Organisasi ini bertugas memperbaiki taraf hidup dan aturan perburuhan.
f. IBRD (International Bank for Reconstruction And Development)
worldbankIBRD adalah Bank Dunia untuk Pembangunan dan Perkembangan. Organisasi ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 yang berkedudukan di Washington, Amerika Serikat.
g. IMF (International Monetary Fund)
imfIMF adalah Dana Moneter Internasional. Organisasi ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 yang berkedudukan di Washington DC Amerika Serikat. IMF bertujuan memajukan kerja sama di bidang ekonomi, keuangan, dan perdagangan sehingga memperluas kesempatan kerja.
h. ITU (International Telecommunication Union)
ituITU merupakan Persatuan Telekomunikasi Internasional. Organisasi ini didirikan pada tahun 1865 dan diterima sebagai organisasi di bawah PBB pada tahun 1947. Tujuan ITU adalah untuk menghimpun kerja sama internasional yang melayani masyarakat pengguna telepon, telegram, dan radio. Markas ITU di Jenewa, Swiss.
i. WMO (World Meteorogical Organization)
wmoWMO merupakan Organisasi Meteorologi Sedunia. Organisasi ini berdiri pada tanggal 23 Maret 1950. Organisasi ini bertujuan saling tukar laporan mengenai cuaca dengan standar internasional. Markas WMO di Jenewa, Swiss.
j. IMCO (Inter Govermental Maritime Consultative Organization)
imcoIMCO merupakan Organisasi Konsultasi Maritim Antar Pemerintah. Organisasi ini berdiri pada tanggal 13 Januari 1959. Bertujuan memberi nasihat dan konsultasi guna memajukan kerja sama antaranggota. IMCO berkedudukan di London, Inggris.
k. UNDP (United Nations Development Programme) atau program pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
undp
Tugasnya memberikan bantuan, terutama untuk meningkatkan pembangunan negara-negara berkembang.
l. UNHCR (United Nations High Comissioner for Refugees) atau Komisi Tinggi Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa.
unhcr


secara lengkap organisasi di bawah (dalam koordinasi) PBB


  1. ECA - Economic Commission for Africa
  2. ECE - Economic Commission for Europe
  3. ECLAC - Econ. Commission for Latin America and the Caribbean
  4. ESCAP - Economic and Social Commission for Asia and the Pacific
  5. ESCWA - Economic and Social Commission for Western Asia
  6. FAO - Food and Agriculture Organization of the United Nations
  7. FAO GFCM - General Fisheries Commission for the Mediterranean
  8. FAO WAICENT - World Agricultural Information Centre
  9. IAEA - International Atomic Energy Agency
  10. IBRD - World Bank Group
  11. IBRD ICSID - Int. Centre for Settlement of Investment Disputes
  12. IBRD IDA - International Development Association
  13. ICAO - International Civil Aviation Organization - 1
  14. ICAO - International Civil Aviation Organization - 2
  15. ICC - UN International Computing Centre
  16. ICC cpi - International Criminal Court
  17. ICJ - International Court of Justice
  18. ICSC - International Civil Service Commission
  19. ICTR - International Criminal Tribunal for Rwanda
  20. ICTY - International Criminal Tribunal for the Former Yugoslavia
  21. IFAD - International Fund for Agricultural Development
  22. IFC - International Finance Corporation
  23. ILO - International Labour Organization
  24. IMF - International Monetary Fund
  25. IMO (IMCO) - International Maritime Organization
  26. INSTRAW - Int. Res. & Training Inst. for the Advancement of Women
  27. IPCC - Intergovernmental Panel on Climate Change
  28. ITC - International Trade Centre
  29. ITU - International Telecommunication Union
  30. UNGLS - United Nations Non-Governmental Liaison Service
  31. OHCHR - United Nations High Commissioner for Human Rights
  32. Population/Reproductive Health Portal
  33. RCNet - United Nations Resident Coordinators Network
  34. RDFS - UN System Network on Rural Development & Food Security  Relief Web
  35. UN - ACC (CEB) - Administrative Committee on Coordination
  36. UN - CEB - UN System Chief Executives Board for Coordination
  37. UN - CyberSchoolBus
  38. UN - Documentation Centre
  39. UN - HLCM - High Level Comittee on Management
  40. UN - HLCP - High Level Comittee on Programmes
  41. UN - Human Rights
  42. UN - Humanitarian Affairs
  43. UN - IACSD - Inter-Agency Committee on Sustainable Development
  44. UN - IANWGE - Inter Agency Network on Women & Gender Equality
  45. UN - International Law  
  46. UN - JIAMCATT - Joint IA Meeting on Computer-Assisted T and T.
  47. UN - JIU - Joint Inspection Unit
  48. UN - JUNIC - United Nations Communications Group
  49. UN - News Centre
  50. UN - OCHA - Office for the Coordination of Humanitarian Affairs
  51. UN - Population Information Network
  52. UN - Press Releases
  53. UN - SCN - ACC Subcommittee on Nutrition
  54. UN - UNCAPS (library catalogs, indexes & abstract databases, etc.)
  55. UNAIDS - Joint United Nations Programme on HIV/AIDS
  56. UNBA - United Nations Board of Auditors 
  57. UNCC - United Nations Compensation CommissionUNCCD - United Nations Convention to Combat Desertification
  58. UNCDF - United Nations Capital Development Fund
  59. UNCITRAL - United Nations Commission on International Trade Law
  60. UNCJIN - United Nations Crime and Justice Information Network
  61. UNCSD - United Nations Common Supplier Database
  62. UNCTAD - United Nations Conference on Trade and Development
  63. UNCTAD GP on Global., Liberalization & Sustainable Human Dev.
  64. UNDCP - UN International Drug Control Programme (now UNODC)
  65. UNDG - United Nations Development Group
  66. UNDP - United Nations Development Programme
  67. UNDP Human Development Report Statistics
  68. UNDP Permanent Missions to the United Nations - New York
  69. UNDP UNIFEM - United Nations Development Fund for Women
  70. UNEP - United Nations Environment Programme
  71. UNESCO - UN Educational, Scientific and Cultural Organization
  72. UNESCO IBE - International Bureau of Education
  73. UNESCO IIEP - International Institute for Educational Planning
  74. UNESCO Institute for Statistics
  75. UNFCCC - UN Framework Convention on Climate Change
  76. UNFIP - United Nations Fund for International Partnerships
  77. UNFPA - United Nations Population Fund
  78. UNGIWG - United Nations Geographic Information Working Group
  79. UN-HABITAT - United Nations Human Settlements Programme
  80. UNHCR - United Nations High Commissioner for Refugees
  81. UNHCR Statistics
  82. UNICEF - United Nations Children s Fund
  83. UNICEF ICDC - Innocenti Research Centre
  84. UNICEF Statistics
  85. UNICRI - UN Interregional Crime and Justice Research Institute
  86. UNICT TF - UN Information & Communication Techn. Task Force
  87. UNIDIR - United Nations Institute for Disarmament Research
  88. UNIDO - United Nations Industrial Development Organization
  89. UNIS - United Nations International School
  90. UNITAR - United Nations Institute for Training and Research
  91. United Nations Atlas of the Oceans
  92. United Nations Mine Action Service
  93. United Nations System of Organizations
  94. UNJSPF - United Nations Joint Staff Pension Fund
  95. UNODC - United Nations International Drug Control Programme
  96. UNOG - United Nations Office at Geneva
  97. UNON - United Nations Office at Nairobi
  98. UNOPS - United Nations Office for Project Services
  99. UNOV - United Nations Office at Vienna - 1
  100. UNOV - United Nations Office at Vienna - 2
  101. UNPA - United Nations Postal Administration
  102. UNRISD - United Nations Research Institute for Social Development
  103. UNRWA - UN Relief and Works Agency for Palestine Refugees
  104. UNSCEAR - UN Scientific Com. on the Effects of Atomic Radiation
  105. UNSSC - United Nations System Staff College
  106. UNU - United Nations University
  107. UNV - United Nations Volunteers
  108. UNWTO - United Nations World Tourism Organization
  109. UPU - Universal Postal Union
  110. WFP - World Food Programme
  111. WHO - World Health Organization
  112. WIPO - World Intellectual Property Organization
  113. WMO - World Meteorological Organization
  114. Women Watch
  115. WTO - World Trade Organization

Tidak ada komentar:

Posting Komentar